Kreasi Ngecat Dinding Kamar Dengan Model Stensil | Dikreatif Aktif Berkreasi

Dinding Kamar di biarkan gitu aja kadang membuat kita bosan. karena itu banyak orang mencoba berbagai macam cara untuk menghiasnya. memasang wallpaper, dengan wallstiker, mengecatnya kadang pula dengan cat pola dengan berbagai variasi.

Ada beberapa teknik dalam mengecat, salah satunya adalah teknik stensil atau stencil. Selain teknik Sponging, teknik stensil merupakan variasi cat dinding yang umum dan biasa kita lihat

Teknik stensil merupakan sebuah cara mengecat menggunakan cetakan sebagai alat utamanya. Cetakan yang digunakan dapat berbahan kertas tebal, karton, atau plastik mika. Polanya dapat berupa motif apa pun, seperti bunga, geometris, dedaunan, huruf, angka, atau bahkan sebuah kalimat. Bila mau, Anda juga bisa mendesain sendiri pola yang akan digunakan. Pola tersebut kemudian dicetak, dipotong, dilubangi dengan gunting atau cutter.


Akan lebih baik bila dinding sudah dibersihkan dan sudah siap untuk ditambahkan sebuah gambar. Teknik ini tentunya memaksa Anda untuk menggunakan dua warna yang berbeda, yakni warna dasar dan warna pada gambar. Warna yang berbeda ini dapat menciptakan kontras, menonjolkan pola gambar, dan tentunya agar tampilan dinding dapat lebih atraktif.

Siapkan bahan lain yang dibutuhkan dalam porses pengecatan, seperti cat, roller busa, kuas, dan lem. Kuas dapat berguna untuk mengecat sudut-sudut gambar yang tajam dan kecil. Selain itu, pastinya agar hasil pengecatan dapat lebih rapi. Untuk hasil yang lebih maksimal, ada baiknya lakukan percobaan terlebih dahulu di bidang lain. Cobalah mengecat menggunakan cetakan yang sudah ada untuk melatih tangan dan melihat kecocokan perpaduan warna.

Kemudian, mulailah pengerjaan di dinding.  Tahap pertama, dapat dengan menempel cetakan menggunakan selotip. Celupkan rol ke dalam cat, tiriskan, dan aplikasikan ke dinding. Setelah satu sisi selesai, lakukan proses yang sama ke bagian dinding lain hingga akhirnya tercipta tampilan dinding dengan gambar yang diinginkan.

Secara pengerjaan, teknik ini memang membutuhkan ketelitian agar hasil gambar bisa rapi, terlebih bila pola yang digunakan memiliki banyak sudut atau garais-garis melengkung. Selain itu, cara ini mungkin sedikit lebih lama dibandingkan dengan wallpaper yang bisa langsung ditempel di dinding. Namun, teknik ini tentunya menarik untuk dicoba guna menghasilkan tampilan dinding yang segar, baru, dan berbeda dari yang lain. Teknik stensil juga bisa diterapkan ke media lain, seperti furnitur, Papan Nama dll

Berikut salah satu contoh inspirasi ngecat dengan metode stensil








Silahkan Tulis Pesan dan Komentarnya
EmoticonEmoticon